Header Ads

Kampung Rawa Ambarawa

Kampung Rawa Ambarawa, Rental Motor, Rental Motor Semarang, Sewa Motor, Sewa Motor Semarang, Rental Motor Murah Semarang, Sewa Motor Murah Semarang,Rental Motor Semarang  082221807313, 085799799313 - Jika kita pergi ke Ambarawa, terdapat beberapa tempat wisata yang sudah banyak dikenal, diantaranya yaitu Museum Kereta Api Ambarawa dan Monumen Palagan Ambarawa. Dua tempat wisata tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang yang sedikit mengenal tentang kota Ambarawa.

Museum kereta api yang beralamat di jalan Stasiun No 1, Ambarawa ini dulunya adalah stasiun kereta api yang digunakan untuk mengangkut para tentara beserta logistik yang dibutuhkan. Namun pada tahun 1976, Soepardjo Roestam, selaku Gubernur Jawa Tengah pada masa itu mengubah fungsi stasiun menjadi sebuah museum kereta api. Meskipun kelihatannya tua, namun peralatan dan bangunannya masih terawat dengan baik.

Sedangkan monumen palagan Ambarawa adalah salah satu bangunan yang menjadi sebuah pengingat tentang adanya pertempuran yang terjadi di Ambarawa pada masa penjajahan.

Terlepas dari dua tempat wisata tadi, saya ingin memberi saran bagi yang ingin berwisata ke Ambarawa untuk mencoba mengunjungi tempat wisata yang tak kalah menarik dan tempatnya juga tidak terlalu jauh dari kedua tempat wisata tadi.

Saya pernah mengunjungi tempat ini, dan saya rasa tempatnya cukup menarik, maka dari itu saya akan menjelaskan bagaimana gambaran dari tempat ini sesuai pandangan dan pengalaman saya pribadi. Tempat yang saya maksud ini tidak lain dan tidak bukan adalah “Kampung Rawa”.

Kampung Rawa Ambarawa, adalah salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Disana kita akan disuguhi dengan pemandangan indah seperti sawah terbentang dan pegunungan yang ada di depan mata.

Sepengetahuan saya dan menurut informasi dari warga sekitar, berdirinya kampung rawa ini berawal dari danau Rawa Pening. Rawa pening adalah danau besar yang terdapat banyak ikan didalamnya. Masyarakat sekitar banyak yang menggantungkan kehidupannya di Rawa Pening. Kekayaan Rawa Pening inilah akhirnya dimanfaat kan oleh masyarakat sekitar khususnya peternak ikan. Mereka memanfaatkan dana dari sebuah Koperasi Simpan Pinjam bernama Artha Prima untuk membuat karamba ikan. Hingga pada akhirnya karamba tersebut menghasilkan ikan yang bagus-bagus. Melihat dari hasil ikan-ikan tersebut kemudian beberapa anggota dari Koperasi Artha Prima mempunyai rencana untuk mengajak kerjasama dengan para petani untuk membuat wisata khususnya Rawa Pening untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Hingga akhirnya terbentuklah Kampung Rawa Ambarawa.

Di Kampung Rawa ini kita dapat menikmati pemandangan yang indah ditambah sejuknya udara. Terlebih waktu itu saya pernah mengunjungi di pagi hari, udara yang masih segar disambut dengan dinginnya angin didaerah pegunungan dan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang masih jelas terlihat mata. Beberapa fasilitas yang dapat kita nikmati di Kampung Rawa yaitu diantaranya rumah makan apung yang menyediakan masakan – masakan khas rawa pening seperti ikan nila, gurame dan sebagainya, disamping itu juga terdapat pondok – pondok kecil dan juga terdapat Hall atau aula terapung. Selain itu juga ada tempat wisata keluarga yang menyediakan ATV, perahu karet, bebek air, ayunan, becak mini bendi, pemancingan dan lain sebagainya. Tetapi selama saya berkunjung ke kampung rawa, saya belum pernah menikmati sajian kuliner disana, saja baru mencoba becak mini bendi.

Sudah dua kali saya datang ke Kampung Rawa, yang pertama memang masih dalam tahap pembangunan dan belum terlalu banyak rumah apung yang dibuat sehingga terkesan belum menarik, tetapi setelah kedatangan saya yang kedua kalinya saya merasa banyak perubahan yang dapat saya katakan sudah cukup menarik untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga. Mungkin sekarang sudah terdapat beberapa peningkatan lagi yang dapat menambah ketertarikan kita untuk berkunjung kesana.

Dari pengalaman saya pribadi, saya tidak merasa kapok untuk berkunjung ke Kampung Rawa, justru saya ingin ke Kampung Rawa lagi, karna pemandangan disana yang berhasil menyita perhatian saya pribadi. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata Kampung Rawa ini dapat langsung menuju ke Jl. Lingkar Selatan Km.03 Ambarawa. Saya rasa lokasinya pun mudah dicari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.