Header Ads

7 Tips Aman Berkendara Motor Jarak Jauh

Sepeda motor memang banyak dipilih masyarakat sebagai kendaraan yang efisien. Pasalnya, selain membutuhkan bakar bakar yang lebih sedikit daripada mobil, motor juga lebih fleksibel untuk melewati jalanan yang sering mengalami kemacetan. Namun disamping berbagai kemudahan yang diberikannya, berkendara dengan motor cenderung lebih berbahaya, apalagi jika dilakukan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Banyak hal yang harus Toppers perhatikan sebelum memutuskan untuk menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor. Berikut 7 tips aman berkendara motor jarak jauh yang bisa kamu lakukan.
1. Siapkan fisik

Hal paling utama yang harus Toppers perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai motor adalah kesehatan fisik. Jangan pernah berkendara motor saat fisik kamu sedang dalam keadaan yang kurang fit. Berkendara motor yang mengharuskan tubuh kita terkena angin, jadi Toppers juga harus memastikan bahwa tubuh kamu benar-benar bisa diajak untuk berkendara motor jarak jauh. Dua hari sebelum melakukan perjalanan, kamu bisa mulai mempersiapkan diri kamu dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk menjaga metabolisme tubuh. Dan yang paling penting, jangan abaikan waktu istirahat.
2. Periksa kembali “kesehatan” motor

Setelah memastikan fisik kamu siap untuk diajak melakukan perjalanan jauh, hal kedua yang juga tidak kalah pentingnya adalah memeriksa kondisi motor kamu. Lakukanlah pengecekan pada seluruh bagian motor seperti ban, lampu, klakson dan sebagainya. Pastikan semua bagian-bagian penting dari motor masih dalam keadaan yang baik, sehingga bisa berfungsi dengan baik pula. Untuk memastikannya, kamu bisa membawa motor ke bengkel untuk memeriksa kondisinya.
3. Hindari membawa barang yang banyak

Salah satu kekurangan melakukan perjalanan dengan sepeda motor adalah keterbatasan tempat untuk membawa barang. Oleh karena itu, hindari membawa banyak barang bawaan. Lebih baik Toppers mengirimkan barang-barang yang ingin dibawa ke tempat tujuan menggunakan jasa ekspedisi. Kamu juga bisa melengkapi motor kamu dengan box di bagian belakang, yang bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan seperti jaket, helm hingga makanan.
jual box motor murah
4. Perhatikan kelengkapan kendaraan

Selain kondisi fisik motor, Toppers juga harus memperhatikan kelengkapannya seperti STNK, SIM dan surat penting lainnya. Jangan sampai kamu melakukan perjalanan jauh tanpa membawa surat-surat kelengkapan motor. Niatnya ingin bersenang-senang atau berkumpul dengan sanak keluarga, malah jadi ditilang dan rugi karena tidak membawa surat motor. Pasti tidak ingin kan hal tersebut terjadi?
5. Pakai perlengkapan keamanan

Untuk meningkatkan keamanan saat berkendara, jangan lupa pula untuk melengkapi tubuh kamu perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, serta pelindung siku, lutut dan dada. Dengan menggunakan pelindung tubuh, cidera yang dialami saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa lebih diminimalisir.
6. Jangan lupa untuk berhenti istirahat

Perjalanan untuk mencapai tempat tujuan kamu pastinya membutuhkan waktu berjam-jam hingga berhari-hari. Selama perjalanan, jangan sampai kamu mengabaikan waktu istirahat kamu yah, Toppers. Jangan paksakan diri kamu untuk terus mengemudi saat mulai merasa lelah. Langsung cari tempat makan atau pun tempat istirahat untuk memulihkan kembali tenaga kamu. Memaksakan diri untuk mengemudi dalam keadaan yang lelah justru dapat membahayakan diri kamu dan juga pengendara lain.
7. Kenali medan yang akan dilalui

Sebelum bepergian jauh dengan sepeda motor, ada baiknya kamu mengenali medan yang akan kamu lalui terlebih dulu, mulai dari kondisi jalannya hingga tempat-tempat yang bisa kamu singgahi untuk beristirahat. Jika belum pernah melaluinya sama sekali, kamu bisa mencari info di internet ataupun bertanya kepada teman-teman dan keluarga kamu yang sudah pernah bepergian melewati jalan tersebut.
Sumber : blog.tokopedia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.