Header Ads

Tips Aman Mengendarai Motor Di Malam Hari

Tips Aman Mengendarai Motor Di Malam Hari, mengendarai motor menjadi pilihan banyak orang karena dirasa memiliki keunggulan jika dibandingkan mengendarai mobil yaitu dari sisi kelincahannya. Dengan mengendarai motor kita akan dengan mudah menerobos kemacetan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan jadi lebih singkat. Namun hal ini berbeda jika mengendarai motor di malam hari. Kita harus memperhatikan keselamatan kita dari suhu di malam hari yang cukup dingin. Selain itu kita juga harus waspada karena suasana yang gelap. Terkadang kita jadi tidak bisa melihat kalau ada lobang di jalan walaupun sudah di sorot sinar lampu. Selain itu prang yang suka menyeberang sembarangan juga harus kita perhatikan karena dari jarak jauh kita sangat sulit mendeteksinya. Hal-hal semacam ini tentu berpotensi menyebabkan kecelakaan, oleh karena itu harus kita waspadai.

Mengendarai motor di malam hari sebenarnya tidak menjadi pilihan utama para pengendara motor karena resikonya akan lebih besar jika kita mengendarai motor di siang hari. Namun jika kita ada keperluan mendadak tentunya hal ini tidak bisa dihindari. Untuk itu melalui artikel ini saya ingin mencoba untuk berbagi informasi mengenai tips aman mengendarai motor di malam hari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan bisa membantu kita agar lebih mudah dalam mengendarai motor di malam hari.

Inti permasalahannya sama yaitu kita sering mengabaikan keselamatan dalam mengendarai motor pada malam hari dengan tidak mengenakan perlengkapan-perlengkapan yang dapat melindungi cuaca yang dingin.

Kebiasaan ini biasanya terjadi karena kita beranggapan bahwa kita hanya berkendara hanya sebentar. Selain itu kita juga sering beranggapan bahwa pada malam hari polisi tidak bertugas lagi sehingga kita aman mengendarai motor tanpa menggunakan helm. Hal-hal semacam ini lah yang sebenarnya dapat membahayakan diri kita sendiri.

Nah sobat sekalian, sebaiknya kita mulai membiasakan untuk sayang kepada diri kita sendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai motor di malam hari. Bagi sobat yang bingung mengenai apa saja yang harus kita perhatikan, silahkan saja sobat ikuti tips aman mengendarai motor di malam hari berikut ini.
  1. Walaupun kita mengendarai motor di malam hari dan tidak ada petugas polisi yang berjaga namun kita tetap harus menggunakan helm. Hal ini bertujuan untuk melindungi kepala kita dari benturan. Selain itu pada malam hari biasanya banyak serangga yang beterbangan dimana-mana. Kaca helm akan melindungi mata kita dari serangga-serangga tersebut sehingga tidak mengganggu perjalanan. Helm yang disarankan untuk digunakan saat mengendarai motor di malam hari adalah helm dengan kaca bening. Hal ini bertujuan agar kita mudah melihat di malam hari.
  2. Hal berikutnya yang harus kita gunakan adalah sarung tangan. Jika pada siang hari sarung tangan melindungi kita dari sengatan sinar matahari, maka pada malam hari sarung tangan bermanfaat untuk melindungi tangan kita dari suhu yang dingin.
  3. Menggunakan sepatu saat mengendarai motor di malam hari juga merupakan sesuatu yang disarankan. Sepatu berfungsi untuk melindungi kaki kita dari suhu malam hari yang sangat dingin.
  4. Jika perjalanan kita cukup jauh maka pertimbangkanlah untuk mengenakan jaket hujan. Walaupun cuaca sedang tidak hujan tapi dengan mengenakan jaket hujan akan melindungi tubuh kita dari angin malam yang dingin.
  5. Perhatikan juga penggunaan lampu dekat dan lampu jauh. Tidak hanya kita sendiri yang mengendarai motor di malam hari. Jika kita tetap menggunakan lampu jauh saat berpapasan dengan pengendara lain, hal itu akan mengganggu pandangan dari pengendara lain. Oleh karena itu sebaiknya kita menggunakan lampu dekat saat berpapasan dengan pengendara lain.
Sumber :  www.tiportips.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.