Header Ads

Tips Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

Hujan dengan intensitas tinggi hampir setiap hari mengguyur sejumlah kawasan di Indonesia. Akibatnya, jalanan mulai digenangi air dan menjadi licin ketika basah, sehingga resiko berkendara pun makin tinggi.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Helm
Saat kondisi hujan, disarankan untuk menggunakan helm SNI jenis full face, agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

2. Jas Hujan
Michael menyarankan jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk jubah atau ponco karena jas hujan bentuk ponco beresiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

3. Sepatu
Gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin (center backbone motor), khususnya jika Anda menggunakan motor cub, karena titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah yang bisa memengaruhi pengendalian sepeda motor.

4. Sarung tangan
Menggunakan sarung tangan sewaktu hujan menjadi sangat penting. Hal ini diperlukan agar cengkraman tangan ke setang motor tetap maksimal. Sebaiknya menggunakan sarung tangan anti air.

5. Menyalakan Lampu
Menyalakan lampu utama saat berkendara merupakan hal wajib. Apalagi dalam kondisi hujan, agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Namun, hindari menyalakan lampu darurat atau hazard sewaktu berkendara dalam kondisi hujan karena dapat membingungkan kendaraan lain. Lampu hazard hanya digunakan dalam kondisi darurat.
Sumber : www.beritasatu.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.