Header Ads

Taman Lele Semarang

Taman Lele merupakan tempat wisata kebon binatang yang dipindahkan dari taman wisata Tegalwareng pada tahun 1985 yang sekarang sudah berubah menjadi tempat wisata Wonderia dijalan Sriwijaya Semarang. 

Menurut semarangplus.com, pemindahan ini terpaksa dilakukan dikarenakan banyaknya binatang yang mengalami stress, sakit dan kemudian mati karena didaerah tersebut waktu itu merupakan kawasan hiburan malam. Lahan sebagai tempat pemeliharaan binatang pun semakin menyempit. Polusi dari limbah kotoran berbagai binatang yang ada juga dirasakan semakin mengganggu kesehatan penduduk di kawasan itu. 

Dengan alasan itulan kebon binatang Tegalwareng dipindahkan di dua lokasi baru. Yang pertama di Taman Lele dan yang kedua ditempatkan di taman wisata Tinjomoyo meskipun pada ahirnya Margaraya Tinjomoyo juga dipindahkan lagi ke Taman Margasatwa Mangkang. 

Taman Margasatwa Mangkang inilah yang disebut Taman Lele karena di tempat ini jaman dahulu terdapat pohon beringin yang sangat besar dan merupakan sebuah kebun jambu klutuhuk. Dibawah pohon beringin raksasa terdapat juga sumber mata air yang banyak sekali ikan lelenya.

Luas Kampoeng Wisata Taman Lele adalah 22.173 hektar, danau buatan yang dikelilingi gazebo ada di tempat ini yang menjadi wahana bermain yang dapat dinikmati sembari menaiki perahu bebek. 

Selain terdapat danau buatan Kampoeng Wisata Taman Lele juga sudah terdapat penginapan, sepeda air, berbagai permainan untuk anak-anak, terdapat kolam renang dan juga memiliki kebun binatang. Meskipun kebun binatang yang sangat mini namun masih ada aneka satwa seperti halnya buaya, ular phiton, iguana, kelinci, burung merak dan berbagai jenis burung-burung lainya.

Bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung atau mau berkunjung ke Semarang melalui jalur darat atau jalur pantura (Semarang - Jakarta) sempatkanlah untuk singah di Kampoeng Wisata Taman Lele karena lokasinya berada persis di jalur tersebut. Di tempat wisata Taman Lele juga juga sudah dilengkapi penginapan atau hotel dengan fasilitas TV, AC yang tentunya harga sangatlah terjangkau.   
Kampoeng Wisata Taman Lele buka setiap hari dengan harga tiket yang berbeda-beda. Harga tiket masuk Taman Lele pada hari Senin - Sabtu pengunjungharus membayar Rp 3000/orang. Sedangkan harga tiket masuk untuk hari Minggu adalah Rp 3500/orang. Sementara pada hari libur lebaran harga tiket masuk Kampoeng Wisata Taman Lele adalah Rp. 6000/orang.

Di danau buatan, wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan danau dengan menaiki perahu bebek. Cukup membayar Rp 10.000 untuk satu perahu, pengunjung bisa mengitari danau buatan ini sepuasnya.

Wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan danau buatan dengan menaiki perahu bebek. Harganya pun sangat terjangkau, hanya cukup membayar Rp. 10.000,- pengunjung bisa menaiki perahu bebek sepuasnya untuk mengelilingi danau buatan yang ada di Kampoeng Wisata Taman Lele.

Rute Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang.
Alamat Kampoeng Wisata Taman Lele Semarang terdapat di jalan pantura tepatnya berada di Jalan Raya Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.