Header Ads

Kebun Durian Watu Simbar, Gunungpati Semarang

Kalau sedang musin durian, enaknya mampir ke Perkebunan Durian Watu Simbar di daerah Gunungpati, Semarang. 

Mengapa disebut Watu Simbar?

Menurut cerita turun-temurun penduduk daerah itu, dulu kala ada seseorang membelah batu besar dan menemukan pohon simbar di dalamnya.

Sudah tahu kan, Gunung Pati adalah sentra durian di Semarang? Tak heran, penduduk Gunung Pati konon sering difitnah sebagai juragan durian, minimal punya kebun durian. Hihi. 

Kebun ini sudah ada sejak 1989, namun hanya kebun biasa. Jika musim panen, buahnya diambil untuk dijual. Baru sekitar tiga tahun ini kebun durian Watu Simbar menjadi tempat wisata agronomi. 

Lokasi Kebun Durian Watu Simbar berada di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Kelurahan Pakintelan, Gunungpati, Semarang. Sekitar 2 kilometer, tanjakan kedua dari perempatan Sumur Jurang ke arah kampus Unnes. Tiket masuknya Rp5000 per orang pada hari biasa dan Rp7500 di hari Minggu. 

Sebuah jalan setapak dengan pegangan besi dicat kuning menarik perhatian. Apa ini? Oh, ternyata tempat refleksi untuk kaki. Jalanannya terbuat dari batu kecil yang disusun rapi. Kita berjalan di atasnya bolak-balik untuk mendapatkan khasiat refleksi agar tubuh sehat. 

Masuk ke area kebun seluas 3,5 hektar, di sisi kiri, ada kebun buah naga. Beberapa batang pohon berbaris rapi. Di deretan tepi jalan beberapa tanaman nenas merah yang sedang berbuah.

Kita segera dikelilingi pohon durian yang batangnya tak terlalu besar tapi tinggi menjulang. Kebayang deh kalau musim durian, yang paling enak dan matang katanya yang jatuh sendiri. Asal nggak kena orang di bawah pohon saja!

Di Watu Simbar dikembangkan 50 jenis durian lokal. Dan semuanya diberi nama unik lho. Ada durian petruk, durian doyong hingga durian bejo. Anda tinggal pilih mau durian yang dagingnya tebal dan rasanya manis sekali atau jenis durian yang sedikit pahit? Bahkan ada jenis durian dengan sedikit efek manis pedas yaitu durian bawang.

Di tengah kebun, dibangun gazebo dan rumah joglo. Bisa disewa untuk acara keluarga atau komunitas. Ada rumah berukir juga yang di terasnya ada bangku berukir khas Jawa. Suasananya ayem dan tentram. Asyik suasananya untuk piknik bersama keluarga.

Duduk di sana, kita disuguhi pemandangan dari atas bukit. Segar udaranya, segar indera dimanjakan hijaunya perbukitan. Jangan khawatir untuk yang ingin salat, disediakan musala yang representatif.

Selain kebun durian, buah naga dan nanas juga ada kebun sayur seperti kangkung dan bayam. Asyik untuk jadi wisata edukasi untuk anak sekolah. Belajar menanam sayur, panen kangkung atau memberi makan binatang seperti kambing dan ikan mas di belakang kebun. Edukatif banget, Lur. Apalagi kalau tiap anak dioleh-olehi goodie bag berisi buah durian, haha.

Di halaman kebun durian Watu Simbar Gunungpati Semarang yang berada persis dekat jalan besar ada kebun tanaman obat yang cukup lengkap mulai dari daun kumis kucing hingga daun cocor bebek.

Oh iya, untuk sedulur yang ingin makan durian sebaiknya pesan dulu sebelum datang ke lokasi karena buah yang dipanen terbatas hubungi 024-76921737. Kebun durian Watu Simbar buka setiap hari pukul 09.00-16.00 WIB.


Source: semarangcoret.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.