Header Ads

Pilih Mana: Motor Bebek, Matic, atau Sport?


Jika kita amati, untuk saat ini memang ada banyak sekali pilihan sepeda motor yang ada di pasaran. Tak pelak hal ini membuat khalayak umum menjadi bingung ingin menggunakan jenis motor yang mana. Nah pada artikel ini kami akan bantu Anda untuk mengetahui berbagai perbedaan baik itu motor bebek, motor matic dan motor sport.

Sebagaimana yang diketahui bahwa motor dikategorikan menjadi 3 macam, yaitu yaitu motor bebek, motor matic dan motor sport. Tidak dipungkiri mungkin Anda tidak mengetahui apa saja yang membedakan ketiganya. Disini akan dibahas satu per satu yaitu:


Perbedaan yang terletak di bodi

Memang perbedaan yang paling mencolok dari ketiga jenis motor tersebut adalah dari sisi bodi dan dan transmisinya. Untuk motor matic mempunyai desain bodi yang lebih pendekdan cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan motor bebekdan motor sport yang biasanya bodinya lebih besar dan berat.

Oleh karena itu motor matic biasanya menjadi pilihan kaum hawa karena beratnya yang ringan jika dibandingkan dengan motor yang lainnya. Sedangkan untuk kaum adam pada umumnya lebih suka dengan motor yang memiliki bodi kekar dan macho.


Perbedaan pada posisi tangki bensin

Untuk posisi tangki di motor sport pada umumnya berbeda dengan motor matic dan motor bebek. Karena untuk yang di motor matic dan motor bebek posisi tangki bensin ada di bawah jok pengendara, sedangkan untuk motor sport ada di bagian depan jok dan posisinya lebih menonjol.


Perbedaan di mesin transmisi

Jika dilihat dari transmisinya, untuk motor bebek dan motor sport menggunakan transmisi manual yang menggunakan gear atau mengoper “gigi”, sedangkan untuk motor matic transmisinya menggunakan otomatis. Sehingga tuas gas dan rem tidak diperguankan di motor matic.

Memang dengan transmisi otomatis maka Anda akan mudah pada saat berkendara. Terlebih lagi sistem penggerak roda berjalan otomatis atau dikenal dengan namaContinuously Variable Transmission (CVT) sehingga perpindahan gear tidak diperlu dengan cara manual.

Sehingga Anda cukup menarik tuas gas dan mengatur seberapa besar tenaga mesin yang diinginkan. Untuk motor bebek dengan tipe transmisi manual, maka Anda harus secara berkala mengatur perpindahan gear untuk menambah atau mengurangi.

Sedangkan untuk motor sport dilengkapi dengan tuas kopling yang ada di samping. Kopling ini dipergunakan untuk Anda mengatur perpindahan gear agar lebih halus yang berbeda dengan motor bebek yang hanya menggunakan gear.


Perbedaan ketika pengereman

Yang membedakan motor matic dengan kedua motor lainnya adalah dari sisi pengereman. Terlebih lagi jika Anda mengendarai motor matic pada saat turunan, maka akan terasa seperti meluncur dikarenakan hanya mengandalkan rem manual yang ada menempel di ban. Sedangkan untuk motor bebek dan sport, system pengeremannya akan lebih ringan dan efektif karena dibantu dengan rem mesin.


Perbedaan di sisi perawatan

Motor sport memang menduduki peringkat pertama berkaitan dengan perawatan spare part nya. Posisi selanjutnya ditempati oleh motor matic, dikarenakan mempunyai komposisi mesin lebih tertutup jika dibandingkan dengan motor bebek.

Sehingga untuk motor matic, kerusakan akan lebih sulit untuk terdeteksi sehingga biaya perawatan dan perbaikannya lebih mahal jika dibandingkan dengan motor bebek.Ditambah lagi ketahanan setelah perbaikan pada motor matic biasanya lebih pendek jika dibandingkan dengan motor bebek. Sehingga Anda hanya akan merasakan perbaikan pada motor matic lebih cepat dari motor bebek.


Perbedaan di konsumsi BBM

Motor bebek memang tergolong lebih efesien atas penggunaan bahan bakar. Untuk motor matic memang akan terasa lebih boros pada saat jalanan menanjak, hal ini dikarenakan perpindahan gear secara otomatis, sehingga menyebabkan mesin di paksa untuk berhenti.

Sedangkan untuk motor bebek jika tarikannya sudah berkurang maka Anda akan secara otomatis memposisikan gear motor ke posisi yang rendah. Sehingga perputaran gear lancar tanpa membuat tarikan mesin harus berhenti. Untuk motor sport, walaupun telah dibantu dengan menggunakan transmisi dan kopling manual, namun bodi dari motor sport lebih besar dan berat, sehingga menyebabkan konsumsi dari bahan bakar menjadi berkurang.


Perbedaan dari sisi harga

Apabila melihat dari sisi harga, motor bebek masih menjadi primadona karena harganya yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan kedua motor yang lainnya. Posisi kedua disusul oleh motor matic dan motor sport. Namun, motor bebek ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Motor Bebek Konvensional atau disebut dengan Lower Underbone yaitu jenis motor bebek yang memang hanya dipergunakan untuk kebutuhan transportasi.

Motor Bebek Super atau dikenal dengan Hyper Underboneini adalah kelas motor bebek yang memiliki tambahan fitur atau teknologi yang lainnya yang dapat memberikan penambahan performanya.

Pada umum untuk motor bebek yang memiliki jenis Hyper Underbone biasanya mempunyai harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor bebek konvensional. Sehingga wajar jika pemasaran untuk jenis motor kelas Lower Underbone di Indonesia masih jadi prioritas utama para pengguna sepeda motor. Namun masih ada juga pengguna yang mementingkan desain dan performa dari motor bebek yang berjenis Hyper Underbone.

* * *

Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa motor matic lebih cocok untuk Anda yang lebih mengutamakan dari sisi kenyamanan dan fleksibilitas pada saat berkendara. Sedangkan untuk motor bebek sepertinya dipergunakan untuk fitur hematnya bahan bakar serta dapat dipergunakan untuk semua aspek dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk motor sport pada saat berkendara lebih seimbang, sehingga lebih cocok bagi Anda yang suka dengan tarikan mesin yang optimal serta memiliki desain bodi yang relatif lebih besar dan juga padat. [asura.co.id]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.