Header Ads

Bolehkah Rem Seret Dikasih Oli?


Rem merupakan sebuah elemen penting pada motor. Kecelakaan bisa saja terjadi apabila terdapat kerusakan pada komponen ini. Karena hal tersebut, pemilik kendaraan bermotor sebaiknya selalu memperhatikan kinerja rem pada kendaraan, agar dapat berfungsi dengan baik.

Ahmad selaku pemilik bengkel Eka Jaya Motor, yang terletak di kawasan Jakarta Barat, mengatakan, terdapat beberapa hal yang harus selalu diperhatikan pemilik kendaraan agar rem bekerja secara optimal.

“Sebenarnya menjaga rem agar bekerja secara optimal itu mudah, pemilik kendaraannya saja yang harus selalu teliti,” kata Ahmad.

Hal pertama yang harus dilakukan, kata dia, yakni memperhatikan jangka waktu perawatan atau mengecek apakah rem sudah berbunyi serta pijakan pada rem sudah terasa lebih dalam. Apabila rem terasa keras, biasanya disebabkan rumah rem kotor, sehingga lebih baik dibersihkan akan daya kerjanya kembali optimal. "Jangan berikan pelumas pada rumah rem, karena itu bisa mengurangi sistem kerja rem," ujar Ahmad.

Selain itu, perhatikan juga dengan teliti minyak rem pada motor dan cakram pada motor.  Apabila sudah mengeluarkan suara, lebih baik segera diganti. Tak lupa untuk selalu mengecek piston dan seal piston. “Apabila sudah aus, pemilik wajib mengganti komponen tersebut,” katanya.



[viva.co.id]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.