Header Ads

Tips Memilih Lampu Mobil yang Bisa Terobos Hujan Lebat


Lampu mobil jadi bagian tidak terpisahkan dari mobil. Sebagian dari Anda mungkin akan senang dengan lampu yang sangat terang, karena Anda lebih mudah melihat kondisi jalanan.

Namun, apakah hanya dengan terang saja sudah cukup? Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. Tentu saja, jika pemilihan bohlam tidak tepat justru bisa membuat Anda sengsara sendiri.

Berikut tips memilih bohlam seperti dikutip dari laman resmi Auto2000, diler Toyota milik Group Astra.

Pertama, yang perlu Anda perhatikan adalah memahami fungsi sebenarnya dari lampu mobil. Lampu mobil berfungsi menerangi arah jalan yang akan dialalui. Selain itu, lampu mobil juga bisa menjadi tanda atau isyarat bagi pengemudi lain yang berpapasan.

Pilih warna nyala yang sesuai. Sebaiknya Anda tidak memilih nyala lampu yang terlalu terang. Hal ini bisa mengganggu pengendara lain yang berpapasan dengan Anda. warna lampu yang terlalu terang dapat menyilaukan mata dan ini tentu akan membahayakan.

Kedua, Anda memang bisa memilih lampu yang Anda senangi, tetapi Anda juga harus tetap memperhatikan bohlam dengan daya listrik mobil Anda.

Memilih bohlam dengan ukuran sempurna sangat penting, karena daya lampu yang lebih besar dari yang seharusnya akan menaikkan suhu dalam headlamp. Jika terus-terusan panas, kaca headlamp akan menguning dan tidak bisa menghantarkan cahaya dengan sempurna.

Ketiga, pilih bohlam yang memiliki sinar sesuai. Sebaiknya Anda memilih sinar lampu yang menyorotkan warna kuning. Sinar kuning memiliki beberapa kelebihan. Selain tidak mengganggu pengendara lain, sinar kuning mampu menembus gelap dan hujan lebat. Ini jauh berbeda dibandingkan lampu putih atau putih kebiruan.

Keempat, perhatikan kabel lampu. Ganti kabel dengan yang baru apabila kabel sudah menunjukkan keausan. Ini supaya tidak terjadi korsleting.




[viva.co.id]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.