Header Ads

Biar Nggak Buram, Begini Merawat Kaca Helm


Kaca atau visor merupakan bagian yang vital di helm. Visor harus tetap bersih agar pandangan tetap jernih. Sehingga, pengendara sepeda motor tetap konsentrasi.

Agar tak gampang buram, kaca helm perlu dirawat secara rutin. Yang paling sederhana, bersihkan visor dari debu-debu yang menempel.

"Sederhana, setiap kali dipakai visor dicopot, taruh di ember yang ada airnya, goyang-goyangin aja. Itu untuk nurunin debu," kata Salcomo Eato dari komunitas Belajar Helm.

"Atau, kalau nggak ada ember bisa pakai air mineral gelas kita colok sedotan, kita semprot aja, kayak keran dibuka," ucapnya.

Setelah dibasahi untuk merontokkan debu yang menempel, biarkan visor kering. Tapi jangan jemur langsung di matahari.

"Begitu kering baru dilap, kalau bisa pakai kain mikrofiber. Tapi mikrofibernya jangan dicampur-campur penggunannya. Dari pertama beli untuk bersihin helm yaudah pakai itu terus, kain mikrofibernya jangan dipakai yang lain lagi," katanya.

Visor iridium atau kaca helm yang berwarna-warni juga perlu perlakuan khusus. Jangan sampai cara merawat visor iridium salah langkah sehingga bikin kaca jadi baret.

"Visor iridium perawatan khususnya sebenarnya sangat sederhana, pakai air biasa aja. Disarankan tidak pakai sabun. Karena dia akan lebih cepat mengelupas. Memang suatu hari kelak visor iridium itu dia akan terkelupas. Karena kan cuma lapisan. Suatu saat bisa mengelupas, tapi lama kalau kita benar merawatnya," ujar Eato.



[detik.com]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.