Header Ads

Setelah Dipakai, Posisikan Helm Terbalik biar Panasnya Keluar


Merawat helm sebenarnya mudah saja kalau sudah mengetahui cara yang tepat. Cara paling sederhana adalah dengan merawat helm usai dipakai.

Salcomo Eato dari komunitas Belajar Helm memberikan tips untuk pengguna helm. Untuk merawat helm ada alat yang namanya donut helm, yaitu ring bulat untuk tatakan menaruh helm.

"Setiap kali habis dipakai, helmnya dibalik ditaruh di donut itu. Biar uap panasnya keluar dulu. Itu untuk ngerawat dalamnya (helm)," kata Eato.

Biarkan beberapa jam dalam posisi terbalik agar uap panas helm keluar. Setelah sudah mulai dingin, kemudian bersihkan bagian luar helm.

"Ambil kain kanebo, kita basahin, terus kita tepuk-tepuk ke permukaan luar helm. Jangan langsung dilap dulu (melainkan ditepuk-tepuk lebih dahulu), karena debunya masih nempel. Kalau ditepuk-tepuk, dia debunya akan terangkat ke kain yang basah itu. Setelah ditepuk-tepuk, kita angkat helm ke atas ke tempat terang, nanti kelihatan tuh debunya masih ada apa nggak," kata Eato.

Kalau debunya sudah hilang, kain tersebut dicuci lagi, baru bagian luar helm dilap. Eato mengatakan, kanebo yang digunakan untuk helm sebaiknya jangan dicampur-campur untuk penggunaan lain. Sebab, kalau dicampur-campur untuk penggunaan lain, kanebo tersebut malah bisa merusak helm.

"Jadi kita beli kanebo yang untuk digunakan khusus helm, jangan dicampur-campur," katanya.



[detik.com]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.