Header Ads

Benteng Pendem - Wisata Semarang yang Instagramable

Benteng Pendem - Wisata Semarang yang Instagramable

Kalau disuruh nyebutin wisata di Semarang, kira-kira apa sih yang bakal terlintas di kepala kalian? Lawang Sewu, Tugu Muda dan mungkin, kulinernya lumpia Semarang yang begitu aduhai menggonda! Weits, tapi sebenarnya wisata di Semarang dan sekitarnya yang menarik itu nggak cuma itu saja loh!

Terutama buat kalian yang suka buat foto cantik nan kece di Instagram, ada banyak tempat wisata di Semarang yang instagramable. Salah satu tempat wisata instagramable di Semarang yaitu:

Benteng Pendem

Berkunjung ke tempat wisata di Semarang yang berhubungan dengan sejarah atau heritage itu memang menyenangkan. Untuk yang sedang pengen alternatif lain berwisata sejarah di Semarang, mungkin bisa coba berkunjung ke Benteng Pendem. Lokasinya nggak jauh dari Kota Semarang, yaitu di Ambarawa yang masih masuk Kabupaten Semarang.

Nama aslinya adalah Fort Willem 1, sementara orang sekitar lebih mengenalnya dengan nama Benteng Pendem. “Pendem atau Pendhem” sendiri sebenarnya adalah bahasa jawa yang kalau diartikan “terpendam atau terkubur”. Mungkin benteng ini pernah terkubur makanya dikenal dengan nama Benteng Pendem oleh orang sekitar?

Lokasi Benteng Pendem ini dekat dengan museum Kereta Api, yang berada dibelakang RSUD Ambarawa dan juga berada di Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa. Jadi sekalian bisa mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa deh kalian! Untuk yang belum tahu, Benteng Pendem ini juga pernah digunakan sebagai setting film Soekarno yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo itu loh!

Sayangnya, karena lokasinya berada di Lapas, nggak sembarangan orang bisa masuk ke area Benteng Pendem. Kalian perlu minta ijin baik-baik dulu sebelum bisa masuk ke dalam area benteng. Atau, paling gampang, kalian harus punya kenalan orang lapas deh~






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.