Header Ads

Manis dan Gurih Tahu Petis Khas Semarang

Manis dan Gurih Tahu Petis Khas Semarang

Tidak hanya tahu gimbal atau tahu bakso saja yang terkenal di Semarang. Ada satu lagi olahan tahu yang cukup terkenal di Semarang karena keunikannya, yaitu tahu petis. Tahu petis berbeda dengan tahu lain yang biasanya menggunakan sambal atau bumbu sebagai cocolan. Pada tahu petis, petis sudah dimasukkan menjadi isian. Salah satu yang terkenal di Semarang adalah Tahu Petis Bu Prasojo. Gurih udang begitu terasa ketika tahu disantap. Tambahan cabai rawit, membuat kombinasi rasa pedas yang mantap. Kekhasan petisnya tetap dijaga dari awal berjualan hingga saat ini. Bumbu petis yang menjadi isian diproduksi sendiri olehnya.

Petis dibuat dari campuran udang dan cumi yang ditambahkan gula serta garam. Menurut Bu Prasojo, udang dan cumi digiling bersama hingga halus. Warna hitam pekat berasal dari tinta-tinta cumi. Dalam sehari, dirinya bisa menghabiskan total delapan kilogram cumi dan udang untuk produksi bumbu petis. Selain rasa dan aroma petisnya yang kuat, tahu yang digunakan juga tidak sembarangan. Untuk tahu, Bu Prasojo menggunakan tahu jenis pong, atau tahu tanpa isian. Ia menuturkan, jenis tahu ini lebih cocok digunakan sebagai tahu petis.

Tidak hanya tahu petis yang gurih, Warung Tahu Petis Prasojo juga menjual bumbu petis botolan. Bumbu petis botolan ini kerap dicari oleh pembeli dari luar kota sebagai oleh-oleh. Dijual seharga Rp 15.000,00 bumbu petis botolan ini jadi buruan utama dikala musim liburan. Bumbu petis botolan ini tahan dalam waktu yang cukup lama. Jika dalam suhu ruang tahan selama 3 hari, dalam kulkas selama seminggu. Apabila disimpan dalam freezer bisa tahan hingga satu bulan.

Warung Tahu Petis Prasojo tidak hanya menjual tahu petis, tetapi juga aneka gorengan lain. Antara lain tahu bakso, tahu susur, lumpia, pisang goreng, mendoan, tape goreng, rolade, dan risoles. Satu buah gorengan seluruhnya dijual sama yakni Rp 1.500,00.  Warung ini berlokasi di Pujasera Simpang Lima yang berdekatan dengan arah Jalan Ahmad Yani Semarang. Buka Mulai pukul 15.00 hingga 01.00 dini hari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.