Header Ads

Wedang Durian Ketan Hitam di Oemah Duren Ruby Semarang

Wedang Durian Ketan Hitam di Oemah Duren Ruby Semarang

Durian merupakan buah dengan sejuta penggemar. Tapi ada beberapa orang yang tidak doyan makan durian karena baunya yang menyengat dan bikin pusing.

Di warung Oemah Duren Ruby, durian menjadi menu utama sekaligus menjadi penglaris warung ini. Oemah Dureng Ruby terletak di Jalan Soegiyopranoto No. 24 Semarang. Setiap hari warung ini tak pernah sepi pengunjung dari penggemar buah durian.

Pemilik Oemah Duren Ruby mengatakan kedai yang berdiri sejak 2009 ini secara khusus meyediakan berbagai menu untuk memanjakan penggemar durian.

"Nama wedang ini diberi embel-embel Kupang karena memang mengadopsi dari olahan durian yang ada di kawasan Indonesia Timur itu. Disana, durian bisa diolah menjadi wedang yang dicampur ketan hitam. Ini yang bikin beda dengan menu serupa di Jawa. Kalau di Jawa biasanya pakai ketan putih," jelasnya.

Bahan untuk membuat wedang durian di Oemah Dureng Ruby ini terbilang cukup gampang didapat. Bahannya hanya ketan hitam, gula jawa, santan, krimer, dan bahan utamanya durian. Durian yang digunakan adalah durian medan.

Cara membuatnya dengan mengukus ketan hitam. Setelah dikukus selama 15 menit, ketan hitam diankat dan disisihkan.

"Selanjutnya, santan direbus bersama garam dan daun pandan. Setelah mendidih, angkat dan tuang sebagian ke dalam ketan hitam. Aduk hingga santan terserap dalam ketan, dan kukus lagi hingga matang," ujak sang pemilik Oemah Duren Ruby, Diktan.

Sambil menunggu ketan matang, Diktan menyiapkan durian yang sudah dikupas kedalam mangkuk. Selanjutnya Diktan menambahkan ketan kukus tadi kedalam mangkuk dan disiram dengan krimer cair serta santan sebagai kuah duren. Tak lupa dia juga menambahkan potongan daun pandan sebagai pengharum Makanannya.

Setelah sampai ke meja pelanggan, aroma dureng + daun pandan langsung memanjakan hidung para pelanngan di Oemah Duren Ruby. Meski daging durian Medan terkenal tipis, tapi memiliki tekstur lembut dan rasa legit. Ketan hitam sangat pas sebagai pendamping duren.

"Duriannya memang sengaja pilih yang dari Medan karena kalau pake jenis montong, terlalu banyak kadar airnya, jadi kurang pas," terangnya.

Semangkuk Wedang Durian Kupang ini dilabeli Rp 18 ribu per porsi. Bagi yang penasaran, bisa langsung mampir ke Oemah Duren Ruby



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.