Header Ads

Wisata Rawa Pening, Eksotika Danau Di Kampoeng Rawa Ambarawa

Wisata Rawa Pening, Eksotika Danau Di Kampoeng Rawa Ambarawa

Wisata Rawa Pening – merupakan nama dari sebuah danau yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorit di Jawa Tengah.

Kata “pening” pada dasarnya berasal dari kata “bening”, hal ini tidak lain dan tidak bukan karena memang danau ini memiliki air yang sangat jernih.

Danau rawa pening tersebut menempati 4 kecamatan, yaitu: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru yang berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Bagi sebagian masyarakat, danau rawa pening dimanfaatkan sebagai lahan mereka mencari ikan. Maka tak heran jika banyak perahu-perahu kecil berada di sekitar danau.

Danau seluas 2.670 hektar ini juga ditumbuhi oleh enceng gondok yang bermanfaat sebagai tempat favorit ikan untuk berlindung dari sengatan matahari.

Namun disisi lain, karena pertumbuhan tanaman ini yang terlalu subur membuat sebagian rawa tertutup oleh enceng gondok bahkan mengakibatkan pendangkalan.

Beragam usaha terus dijalani demi menyelamatkan rawa ini dari populasi tumbuhan tersebut yang tinggi, seperti pemanfaatan enceng gondok sebagai kerajinan namun belum maksimal.

Berikut ini merupakan beberapa potret dari tempat wisata rawa pening yang berada di Ambarawa:

Rawa ini digemari sebagai tempat memancing, sarana olahraga air, dan menyegarkan pikiran bahkan berburu foto.

Jika kamu ingin melihat indahnya danau rawa pening, jangan lupa untuk berkunjung ke Kampoeng Wisata Rawa.

Kampoeng Wisata Rawa merupakan paguyuban yang dibentuk dan dikelola oleh 12 kelompok tani dan nelayan di sekitar rawa pening.

Panorama di sekitar Kampoeng Wisata Rawa ini cukup indah dan menyegarkan. Dengan udara yang segar, disini  kamu bisa melihat sawah hijau yang terbentang dan pegunungan di sekelilingnya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.