Header Ads

Cari Oleh-oleh Khas Semarang? Ini 5 Rekomendasinya


Bagi orang Indonesia, bawa oleh-oleh adalah tradisi. Kalau plesir ke Semarang, jangan lupa bawa oleh-oleh lumpia, bandeng presto hingga wingko babat. 

Mencari makanan enak di Semarang memang tidaklah sulit, tapi kalau mencari oleh-oleh agak bingung karena saking banyaknya.

Kalau budget dan ukuran tas terbatas, jangan beli semuanya, pilih saja yang benar-benar jadi makanan khas Semarang. Berikut reomendasinya.


1. Bandeng Presto

Di Semarang ikan bandeng banyak diolah jadi bandeng presto. Ikannya berdaging lembut dan pastinya bisa makan tanpa terganggu duri halusnya. Karena ikan bandeng dan bumbu dimasak dalam panci bertekanan hingga durinya lunak.

Bandeng presto banyak dijual di pusat oleh-oleh di Semarang atau bisa datang langsung ke tempat pengolahannya di daerah Tambak Redjo. Ada varian bandeng presto yang bisa dipilih mulai bandeng vakum, pepes bandeng, otak-otak bandeng atau bandeng goreng balut telur.


2. Lumpia Semarang

Tak lengkap rasanya ke semarang tanpa bawa lumpia. Makanan akulturasi Jawa dan China ini punya rasa yang gurih enak.

Terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan tumisan rebung, telur dan ebi. Lumpia ini tersedia dalam versi sudah digoreng atau masih basah. Kalau mau lumpia legendaris bisa coba datang ke lumpia gang Lombok.


3. Wingko Babat

Kue yang satu ini terkenal sebagai jajanan khas di pesisir pantai Jawa. Di Semarang juga ada wingko babat yang enak.

Terbuat dari racikan tepung beras ketan, kelapa muda dan gula, wingko punya rasa legit sedikit manis. Kalau mau beli wingko babat, datang saja ke pusat oleh-oleh. Disana banyak wingko babat yang bisa dipilih rasanya. Ada rasa kelapa, cokelat dan nangka.


4. Tahu Bakso

Ada tahu bakso yang cukup terkenal di Semarang namanya Tahu Baxo Bu Pudji. Tahu cokelat berkulit diisi dengan adonan bakso yang kenyal. 

Tahu bakso ini sudah dikukus hingga matang, tapi akan lebih mantap lagi kalau digoreng. Tekstur tahunya renyah dan lembut di dalamnya. Bagian baksonya kenyal lembut.


5. Sarang Madu

Cari oleh-oleh renyah kriuk-kriuk, sarang madu bisa jadi pilihan. Camilan ini banyak ditemui di Semarang, Kudus hingga Jepara. Camilan manis ini terbuat dari racikan tepung beras, santan dan gula.

Rasanya manis dan teksturnya renyah. Tapi kalau mau bawa pulang sarang madu ini, harus ekstra hati-hati saat membawanya. Pasalnya camilan ini rapuh dan mudah hancur.



[detik.com]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.