Header Ads

Nyaman dan Aman Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh

Nyaman dan Aman Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh

Hai Sahabat, pastinya kamu pernah melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi, bukan?

Walaupun melelahkan, tetap saja masih banyak orang memilih menggunakan kendaraan pribadi mereka untuk melakukan perjalanan jauh. Selain mempermudah Sahabat membawa banyak barang, menggunakan mobil pribadi juga lebih nyaman dan fleksibel

Nah, untuk tetap nyaman dan aman saat berkendara jarak jauh. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Pastikan tubuh sedang dalam kondisi prima

Hal pertama ini penting banget nih Sahabat. Karena jika kondisi tubuh kamu sedang tidak sehat, perjalanan pun terasa tidak nyaman.

Perbanyak minum air putih, konsumsi makanan sehat dan minum suplemen vitamin C bila perlu, serta tidur yang cukup bisa membuat badan terasa segar dan siap melakukan perjalanan jauh.

2. Pastikan kendaraan Sahabat tidak dalam masalah

Perhatikan juga kondisi kendaraan Sahabat sebelum pergi jauh. Cek kondisi air aki, air radiator, oli, rem, dan ban. Karena jika kendaraan-mu bermasalah, perjalanan jauh akan terasa tidak nyaman dan repot.

Siapkan juga alat-alat bengkel sederhana seperti dongkrak alat jumper mobil untuk berjaga-jaga, ya.

3. Kenali kondisi jalur yang akan dilalui

Kondisi jalanan yang akan kamu lalui juga akan memengaruhi performa-mu saat menyetir. Apalagi jika Sahabat baru pertama kali melewati jalan tersebut.

Ada baiknya kamu lebih memperhatikan kondisi di sekitar dan kenali jalan yang akan kamu tempuh. Untuk memastikan kondisi jalan tersebut, Sahabat bisa melihatnya melalui aplikasi map di smartphone, ya.

4. Perhatikan posisi duduk Sahabat saat menyetir

Menempuh perjalanan jauh tentu berbeda dengan menyetir sehari-hari, ya. Rute perjalanan yang jauh dengan jalan yang belum dikuasai akan jadi masalah.

Nah, salah satu cara agar Sahabat terbebas dari kantuk dan pegal-pegal adalah dengan memperhatikan posisi duduk di dalam mobil. Atur posisi kursi senyaman mungkin, pastikan posisimu tetap bisa melihat ke depan hingga ke ujung kap, bisa melihat spion kiri-kanan, dan atur posisi agar bisa melakukan manuver mendadak.

Cobalah atur posisi duduk sesuai dengan panjang kaki dan jangkauan tangan kamu terhadap stir sehingga memudahkan refleks-mu. Terutama saat menyetir, menginjak gas, rem, atau kopling.

5. Berhentilah di rest area saat Sahabat merasa lelah

Agar perjalanan jauh Sahabat terasa aman, gaada salahnya untuk mencari tahu posisi rest area terdekat. Tempat ini akan jadi sangat penting ketika kamu terjebak macet panjang.

Jika kamu merasa lelah, lebih baik kamu berhenti terlebih dahulu di rest area untuk beristirahat. Jika kamu kelelahan dan memaksakan diri, bisa menyebabkan kecelakaan, lho.

6. Download offline maps

Untuk berjaga-jaga sebelum kamu melakukan perjalanan jauh, ada baiknya jika download Maps yang akan kamu lalui agar bisa dipakai offline. Karena, Google Maps membutuhkan sinyal dan koneksi internet.

Kebayang kan kalau kamu harus pergi ke pelosok yang tidak ada sinyal? Bisa-bisa kamu tersesat.

7. Menyiapkan playlist lagu untuk menemani Sahabat selama perjalanan

Walaupun kamu harus fokus selama menyetir, sebaiknya kamu juga memilih kegiatan seru supaya nggak bosan. Misalnya dengan mengajak teman yang seru untuk diajak ngobrol selama di perjalanan.

Bisa juga dengan membuat playlist musik yang seru dan membuat Sahabat terjaga sepanjang perjalanan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.